Wednesday 30 October 2013

Rusia musuh yang berinvestasi di utang AS



Pemerintah Amerika Serikat (AS) meminjam banyak uang dari pemerintah asing untuk menyelesaikan tagihannya. Pada 1989 saja, negeri Paman Sam ini telah mengumpulkan utang nasional sebesar USD2,7 triliun. Pada 2008, utang nasionalnya melonjak hingga USD10 triliun dan hari ini telah mencapai lebih dari USD17,28 triliun.

Sekarang, jika yang jadi pertanyaan kepada siapa pemerintah dan masyarakat AS memiliki utang. Anda akan cukup terkejut mengetahui bahwa sebagian besar negara tempat berutang adalah mantan musuh-musuhnya. Kenyataannya, AS memiliki hubungan goyah dengan beberapa negara tersebut bahkan hingga hari ini.

Melansir Therichest, Selasa (29/10/2013), berikut lanjutan daftar mantan musuh AS yang memberinya utang:

6. Rusia

AS memiliki utang ke Rusia sebesar USD162,9 miliar Meskipun Rusia dan AS berbagi sejarah konflik, namun untuk berinvestasi di utang publik, Rusia adalah salah satu investor atas.

Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin bahkan menyebut ekonomi Amerika "parasit" pada perekonomian dunia, karena utang besar AS ke berbagai negara. Meski demikian, tetap banyak orang Rusia terus berinvestasi dalam utang USA .

Jika Anda bertanya-tanya dari mana Rusia mendapat kekuatan untuk berinvestasi di utang AS, maka Anda harus melihat sumber daya minyak mereka. Saat ini, Rusia adalah produsen terbesar minyak di dunia.

7. Inggris Raya

AS memiliki utang ke Inggris sebesar USD159,1 miliar Menjadi sekutu dekat AS, Inggris berbagi banyak kesamaan. Namun, negara ini sangat kecil dengan penduduk yang terbatas, sehingga dengan mudah dapat mengelola ekonominya.

Jika melihat sejarah, AS memang merdeka dari Inggris, sebelum akhirnya menjadi salah satu sekutu terbaik, saling mendukung satu sama lain baik dalam kebijakan keuangan dan militer.

8. Luksemburg

AS memiliki utang ke Luksemburg sebesar USD144,7 miliar. Meskipun Luksemburg adalah negara yang sangat kecil, namun AS memiliki utang yang cukup besar ke negara tersebut. Industri keuangan negara tersebut terutama berpusat pada perbankan dan jasa terkait, yang menjelaskan jasa kustodian yang besar.

Bahkan, Luksemburg menempati urutan ketiga tertinggi PDB per kapita dunia, sekitar USD80 ribu. Akibatnya, para bankir lebih percaya diri dalam berinvestasi di utang murah negara lain .

Seperti Belgia, undang-undang pajak Luksemburg yang santai telah menarik banyak investor asing kaya. Beberapa perusahaan AS memiliki cabang setup Luksemburg untuk menghindari membayar pajak di negara asal mereka.

9. Belgia

AS memiliki utang ke negara Belgia sebesar USD143,5 miliar. Belgia menginvestasikan banyak uang dalam utang publik AS. Belgia adalah salah satu pusat perbankan terkemuka di Eropa, berkat rahasia yang disebut Bias kustodian.

Banyak investor asing membeli sekuritas AS melalui bank Belgia, meskipun mereka mungkin tidak menetap di Belgia. Jadi, meskipun pemerintah Belgia tidak mungkin terlibat dalam investasi utang publik, asing perdagangan investor melalui bank Belgia telah menciptakan bias kustodian.

10. Hong Kong.

AS memiliki utang ke negara Hong Kong mencapai USD142,9 miliar. Ekspor Hong Kong hampir mencapai 10 persen ke AS. Dia memasok barang ke beberapa merek terbesar di Amerika seperti Wal-Mart.

Sementara, AS juga mengekspor sejumlah besar barang bernilai tinggi ke Hong Kong seperti pesawat, berlian, prosesor komputer, peralatan telekomunikasi dan pesawat ruang angkasa. Berkat hubungan keuangan yang erat dengan Amerika Serikat, Hong Kong berinvestasi di AS.

Google
WEB
Images
Local
Mobile Web (beta)