Wednesday 2 March 2016

Sayur dan Buah yang Baik Untuk Diet.

Menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan strategi mengkonsumsi sayur dan buah yang bagus untuk diet. Prinsip utama dari diet untuk menurunkan berat badan adalah mengkonsumsi kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan kalori yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. Sayur dan buah-buahan merupakan makanan yang rendah kalori sehingga Anda dapat menggunakan makanan ini untuk menggantikan makanan lain yang berkalori tinggi.

Buah dan sayuran sudah terkenal sebagai makanan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Banyak cara untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badan yang ideal. Mengkonsumsi buah dan sayuran merupakan salah satu cara yang baik untk diet. Selain memberikan manfaat untuk diet, sayur dan buah juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh karena kandungan nutrisi dan serat yang dimilikinya.

 Sayur dan Buah yang Baik Untuk Diet Anda

Meski baik untuk menurunkan berat badan, tidak semua sayur dan buah baik untuk diet Anda. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa prinsip diet adalah mengurangi asupan kalori yang Anda komsumsi agar berat berlebih dalam tubuh dapat diubah menjadi energy. Sayangnya ada beberapa buah yang mengandung kalori yang tinggi. Karena itu, artikel ini memilihkan mana buah yang bagus untuk diet dan sayur yang bagus untuk diet.
  1. Buah Pear
Ini merupakan salah satu buah yang baik untuk diet yang ampuh. Buah pear mengandung banyak serat, yang kadarnya lebih tinggi dibandingkan kebanyakan buah lainnya. Peran serat dalam buah pear ialah dapat membuat perut terisi lebih lama sehingga membantu kit amerasa kenyang lebih lama dan tidak cepat lapar. Buah pear juga banyak mengandung kalium untuk memelihara fungsi jantung.
  1. Buah Berry
Yang termasuk dalam buah berry ialah strawberry, blueberry dan blackberry. Buah dalam golongan ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang baik untuk kesehatan. Antioksidan dapat melawan pembentukan sel kanker serta menjaga kesehatan secara umum. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungann hormon leptin dan adinopectin. Hormon leptin merupakan hormon yang mengatur sensasi kenyang di tubuh sehingga menimbulkan perasaan kenyang. Hormon adinopectin sendiri dapat membantu memecah kolesterol.
  1. Nanas
Buah yang baik untuk diet berikutnya adalah buah nanas. Nanas dapat mengontrol lemak dalam tubuh. Buah ini bebas dari kandungan kolesterol dan lemak sehingga cocok untuk diet yang sehat dan seimbang. Nanas mengandung 85% air sehingga tidak memberikan kalori yang bauk bagi tubuh. Lainnya, nanas juga mengandung serat, vitamin, mineral serta antioksidan yang berguna bagi tubuh. Mengkonsumsi buah ini dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
  1. Apel
Ini adalah buah yang terkenal sebagai buah yang baik untuk diet. Pernyataan tersebut memang benar dikarenakan apel memili kandungan serat yang banyak dan gula yang sedang. Apel juga mempunyai indeks glikemik yang rendah sehingga membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Apel juga mengandung antioksidan.
  1. Pepaya
Buah pepaya memilikibanyak manfaat bagi kesehatan. Buah manis dan lembut ini mengandung serat yang banyak yang membantu melancarkan proses pencernaan tubuh. Buah ini juga mengandung gula yang sedikit sehingga tidak memberikan banyak kalori pada tubuh, membuat ini sebagai buah yang baik untuk diet. Selain itu, pepaya mengandung banyak vitamin C, falvonoids dan carotene.
  1. Lemon
Buah yang baik untuk diet kali ini jarang dimakan namun lebih sering disajikan dalam minuman. Lemon yang dicampurkan dengan air putih merupakan salah satu metode untuk menurunkan berat badan. Lemon memiliki kandungan yang dapat menetralkan keasaman dalam tubuh ketika diminum dalam perut kosong. Buah ini akan membantu proses metabolisme sehingga banyak bobot berlebih yang akan dibakar oleh tubuh. Cara membuat air lemon cukup mudah, hanya perlu memasukkan potongan-potongan buah ini ke dalam air putih dan menunggu beberapa menit sebelum meminumnya. Usahakan minum di pagi hari dan ketka perut kosong.
  1. Bayam
Mari kita membahas mengenai sayur yang baik untuk diet. Sayur bayam merupakan salah satu sayur terbaik untuk diet. Bayam mempunyai banyak kandungan vitamin seperti Vitamin A, E, C dan K. Selain vitamin, bayam juga mengandung zat besi yang dibutuhkan dalam proses pembentukan sel darah merah. Namun alasan syaur ini menjadi pilihan untuk diet adalah karena kalorinya yang rendah, seratnya yang tinggi serta kandungan airnya yang banyak. Memakan bayam akan membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Selain bayam, semua sayuran berdaun warna hijau juga merupakan sayur yang bagus untuk diet.
  1. Sayuran Dengan Kadar Air yang Tinggi
Air merupakan zat yang sangat penting untuk tubuh. Kekurangan cairan tubuh dapat menimbulkan keadaan dehidrasi. Mengkonsumsi sayuran dengan kadar air yang tinggi merupakan satu strategi yang dapat dipakai untuk menyiasati agar tubuh tidak dehidrasi. Sayuran seperti ini juga biasanya memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Air yang banyak disertai serat pada sayuran aka membuat rasa kenyang menjadi lebih awet. Contoh buah dalam kelompok ini ialah mentimun, terong dan labu.
  1. Bawang Merah dan Bawang Putih
Selain dipakai untuk mempersedap rasa dan aroma masakan, ternyata bawang merah dan putih juga memiliki manfaat yang baik untuk diet. Tidak lupa, daun bawangnya pun mengandung banyak sekali manfaat. bawang memiliki kandungn sulfide yang membantu proses penurunan berat badan. Bawang putih juga dapat menurunkan tekanan darah pemakannya serta mencegah kanker usus.
  1. Brokoli
Selain terkenal dengan istilah sayuran penangkal kanker, brokoli juga merupakan sayur yang baik untuk diet. Pasalnya brokoli mengandung 40% protein dan 60% karbohidrat kompleks yang baikk bagi tubuh. Karbohidrat kompleks merupakan jenis karbohidrat yang baik untuk pencernaan dan jarang menyebabkan kegemukan. Tak lupa, serat yang dikandung brokoli pun membuat rasa kenyang tertahan lebih lama. Selain itu, brokoli juga mengandung antioksidan, selenium, magnesium, zat besi dan thiamin yang bergna bagi kesehatan tubuh.
Mengkonsumsi sayur dan buah yang baik untuk diet merupakan salah satu metode yang ampuh untuk diet. Masukkan jenis buah dan sayuran di atas di dalam menu makanan Anda sehari-hari agar dapat membantu proses penurunan berat badan Anda. Bila lapar menyerang, And adapat mengkonsumsi bauh-buahan di atas sebagai pengganjal rasa lapar. Bila Anda merupakan penggemar sayur dan buah, carilah juga mengenai info buah dengan kalori tinggi sehingga Anda dapat membatasi konsumsi buah tersebut agar program diet Anda lebih berhasil. Tak lupa, kombinasikan usaha diet Anda dengan berolahraga agar tercapai hasil yang lebih optimal. Semoga artikel ini berguna dan dapat menambah wawasan Anda.
Google
WEB
Images
Local
Mobile Web (beta)