Sunday 3 July 2011

Pembangunan belum merata di Kalteng.

Palangkaraya merupakan Ibukota dari Kalimantan tengah seperti kita ketahui sudah banyak dukungan untuk Palangkaraya sebagai Ibukota Negara .Kota Palangkaraya memang luas dan strategis di bandingkan dengan Jakarta, apalagi letak Palangkaraya tepat berada di tengah tengah pulau Kalimantan, sedangkan Jakarta di anggap sudah tidak memenuhi syarat sebagai Ibukota Negara.

Palangkaraya memang indah dan luas, tapi sayangnya pembangunan di daerah daerah Kalimantan Tengah belum merata, apalagi jalan jalan antar Kabupaten banyak yang rusak berat, sehingga mengganggu roda perekonomian masyarakat antar daerah. Salah satu jalan yang rusak berat adalah di ruas jalan menuju Kualakurun,Kab.Gunung Mas.Banyak Pihak yang mengeluh akibat tidak adanya perbaikan jalan yang serius dari PEMDA setempat maupun .
 Kalau dari Palangkaraya menuju Kualakurun dengan menggunakan mobil ,kita harus rela antri berjam jam karena jalannya berlumpur dan sangat sulit untuk di lewati kendaraan roda empat dan roda dua. Daerah Kab.Gunung Mas ini memiliki potensi sumber daya alam yang kaya
Potensi agro: karet,cengkeh,rotan,kelapa sawit.
Potensi tambang: batu bara,emas,perak.
Potensi pariwisata: batu suli dllnya.

Sebagai salah satu contoh untuk menuju Desa Janggang jika jalan kering adalah tiga jam dan enam jam dari Palangkaraya. Tetapi jika hujan jalan menjadi berlumpur dan becek, Sehingga delapan jam dari Kualakurun dan tiga hari dua malam dari Kota Palangkaraya.



Written by terry raban kusumanegara
Google
WEB
Images
Local
Mobile Web (beta)