Thursday 7 July 2011

Tepat janji dalam bisnis


Salah satu factor yang utama dalam menjalankan bisnis adalah menepati janji terhadap karyawan,investor,mitra/vendor,masyarakat,keluarga dan diri sendiri.Karena bisnis adalah kepercayaan dan penting untuk menjaga nama baik serta citra dari perusahaan yang kita kelola. Suatu perusahaan akan sulit untuk berkembang apabila tidak ada kepercayaan dari konsumen ataupun berbagai pihak yang ada kaitannya dengan bisnis yang kita jalankan. Dalam menjalan roda bisnis terkadang tidak seindah yang kita bayangkan tentu saja ada pasang surutnya,berbagai kendala yang di hadapi memerlukan kesabaran dan strategy untuk mengatasinya karena semua kesulitan pasti ada solusinya. Jangan sampai lengah jika ada sinyal sinyal negative yang kira kira bisa merugikan perusahaan (sedia payung sebelum hujan).


 Suatu bisnis akan go down jika tidak mampu untuk menepati janjinya,banyak terjadi pengusaha pengusaha yang jatuh bankrut karena tidak bisa menepati janjinya dengan relasi suppliernya. Jadi janji itu bukan hanya di tepati terhadap pelanggan saja. Pengusaha yang melakukan transaksi dengan supplier secara kredit menggunakan dana untuk kebutuhan lain yang tidak mendesak seperti misalnya beli mobil,rumah dll di mana dana tersebut seharusnya di bayar kepada supplier. Jadi pada intinya janji harus di tepati terhadap semua pihak yang berkaitan dalam proses bisnis kita. Menjaga nama baik dan tepat janji  lebih penting untuk kelanjutan bisnis yang kita jalankan, walaupun dengan menepati janji tersebut kita merugi sedikit karena harus membayar THR dll di saat bisnis sedang sepi.

Written by ester kusumanegara
Google
WEB
Images
Local
Mobile Web (beta)